Diposkan pada KESEHATAN, Uncategorized

Cara menghilangkan pusing

Pusing adalah salah satu masalah yang paling umum dialami manusia. Sayangnya, tidak banyak orang tahu bagaimana menghilangkan gejala ini. Pusing membuat aktivitas yang paling mudah sekalipun sangat sulit dilakukan karena susahnya berkonsentrasi di saat kepala serasa dipukul-pukul. Banyak hal yang dapat dilakukan, selain menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan pusing yang melanda. Berikut ini tips-tips untuk cara menghilangkan pusing yang mungkin belum banyak diketahui.

Banyak orang yang tidak tahu kalau air putih adalah satu obat yang manjur untuk mengurangi rasa pusing. Air putih membantu metabolism tubuh dengan mengisi ulang cairan tubuh yang lebih jauh akan membantu lebih lancarnya peredaran cairan dalam tubuh, termasuk ke daerah kepala dan otak. Cara yang lain adalah dengan berendam di air hangat. Air hangat membantu menenangkan syaraf dan otot. Hal ini dapat melancarkan peredaran darah ke otak dan seluruh tubuh.
Cara menghilangkan pusing yang lain adalah mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang mampu meringankan keadaan syaraf dan otot kepala. Yang pertama adalah dengan meminum teh hitam. Teh hitam dipercaya banyak orang sebagai salah satu minuman yang mampu membuat syaraf lebih tenang dan relaks. Hal ini akan bisa membuat kepala ringan. Hal yang lain yang dapat dikonsumsi adalah sop ataupun makanan-makanan berkuah yang lain. Minuman berkuah mudah dicerna dan lebih membuat perederan cairan dalam tubuh lancar. Terlebih lagi kalau dikonsumsi dalam keadaan panas ataupun hangat.
Kemungkinan anda pijit karena masuk angin, cara yang paling ampuh tanpa minum obat tinggal di kerok aja. Atau dipijit untuk merileks kan otok2 anda yang tegang, sehingga peredaran daarh menjadi lancar. karena peredaran darah yang tak lancar bisa menyebabkan pusing kepala.
Hal lain yang dapat ditempuh untuk mengurangi rasa sakit kepala yang menyiksa adalah dengan menggunakan kompres ke kepala. Kompres hangat akan membantu meringankan beban yang diterima oleh otot-otot kepala dan melancarkan peredaran darah di bagian atas tubuh. Hal ini akan membuat kepala terasa lebih enak dan rasa pusing akan berkurang dengan sendirinya. Jika tidak dapat menggunakan kompres, coba gunakan telunjuk dan ibu jari untuk memijit daerah pelipis dan bagian atas hidung. Sejumlah otot dan nadi di bagian kepala tersebut dapat membantu menghilangkan rasa sakit karena akan menimbulkan tekanan-tekanan yang membuat kepala terasa lebih nyaman dan otot-ototnya lebih terasa ringan.

Jika cara-cara menghilangkan pusing di atas belum bekerja dengan baik, anda bisa mencoba melakukan meditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa pusing dengan memfokuskan konsentrasi pada hal-hal yang nyaman dan menenangkan. Hal ini dapat dimulai dengan mengambil nafas panjang dan memejamkan mata. Kedua aktivitas awal ini dapat diikuti dengan berimajinasi akan hal-hal yang menenangkan sehingga otak akan kehilangan beban psikologisnya. Jika otak lebih ringan beban atas otot-otot kepala juga akan berkurang dan meredakan rasa pusing di kepala. Semoga tips cara menghilangkan pusing ini bermanfaat.

Sumber
http://sebug123.blogspot.com/2013/04/Cara-Menghilangkan-Pusing.html?m=1

Penulis:

bukan penulis, bukan peneliti, hanya mencoba melatih jari jari menari menuangkan imajinasi

Tinggalkan komentar